• header
  • header
  • Header
  • Header

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 2 BUMIJAWA. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 2 BUMIJAWA

NPSN : 20325315

Desa Gunungagung Kec.Bumijawa Kab.Tegal


info@smpn2bumijawa.sch.id

TLP : 0265656565


          

KEPALA SEKOLAH


Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi maslah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.

Banner

Jajak Pendapat

apa warna kesukaan anada
ok
biasa
  Lihat
Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 8349
Pengunjung : 1767
Hari ini : 19
Hits hari ini : 29
Member Online : 0
IP : 44.210.99.209
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Prestasi Siswa


Juara OSN 2016

Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekonomi. Penyebabnya karena pemerintah selama ini tidak pernah menempatkan pen...



:: Selengkapnya

Status Member

PENGGUNAAN MULTI GAME (MSD, WHO WANTS TO BE SUCCESSFUL, GAME JOEPARDY, DAN RANGKING SATU)




Oleh : Drs.Mulyono

Guru IPS SMPN 2 Bumijawa

Antusias dan motivasi belajar yang tinggi mungkin bisa diciptakan dengan mendesain pembelajaran dengan media berbasis IT. Saat ini dunia pendidikan tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi. Begitu ada temuan baru, biasanya siswa tertarik untuk menggunakannya. Jika dalam pembelajaran masih konvensional atau belum menggunakan IT maka serasa ada yang kurang dalam pembelajaran.

Melihat permasalahan yang ada, guru sekaligus penulis makalah mencoba hal baru dalam pembelajaran. Hal baru atau inovasi pembelajaran yang dimaksud adalah memodifikasi beberapa game digital untuk meningkatkan antusias belajar siswa. Game yang di modifikasi antara lain MSD (Materi Soal Digital), Who Wants To Be Successful, Game Joepardy, dan Rangking Satu.

Supaya inovasi pembelajaran tersebut dapat lebih bermanfaat maka guru menuliskan segala kegiatan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi dalam sebuah makalah dengan judul penggunaan multi game (MSD, Who Wants To Be Successful, Game Joepardy, dan Rangking Satu) Dalam Pembelajaran IPS.

Materi Soal Digital (MSD) merupakan permainan yang isinya tentang materi dan soal-soal yang dikemas secara digital sehingga tampilannya sangat menarik dan dapat membuat penggunanya merasa antusias untuk memainkannya. MSD di buat dengan menggunakan multiple template.  

    Multiple template adalah jenis template Power Point untuk mempresentasikan resume pelajaran dan uji kompetensi sesuai dengan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator pengembangan kompetensi (IPK) materi pelajaran tertentu.  Penggunaan template ini sangat mudah, yang penting bisa melakukan copy, paste dan mempunyai kumpulan soal atau ringkasan materi pelajaran.

Wants to be successful merupakan template power point yang menyajikan permainan atau game mirip dengan acara Televisi (TV) wants to be millionaire. Templateinihanyacocokuntukmengujianak  didik  berkaitan  dengan  KI/KD  tertentu  tanpa  didahului  dengan  pemberian materi  seperti halnya pada multiple template.

    Halaman beranda berisi beberapa informasi yang terkait dengan permainan dan ketikaslideshowdijalankan, akan terdengar musikpengiring dan anda tidak bisa berpindah ke slide berikutnyasampai  musik  berhenti  dan  halaman  slide  akan berubah  sendiri.  Pada  tahap  ini  bisa  digunakan untuk proses pengkondisian kelas agar lebih tenang dan serius mengikuti permainan.

Jeopardy  merupakan  jenis  permainan  yang  mangajak  peserta  menjawab sejumlah soal  dengan cepat dan tepat. Permainan ini lebih menarik  karenamengajak para peserta untuk benar -benar berani bersaing karena permainan dilakukan secara kelompok.

Jeopardy menyediakan paling sedikit dua puluh (20) butir soal yang semua nya berupasoaluaraiandengan jawaban singkat. Soaldikelompokkan menjadi  empat (4)  topik  dan  setiap  topik  akan  disediakan lima (5) butir soal.

Sebelum merancang permainan Ratu atau Rangking 1 Guru terlebih dahulu melihat acara televisi tentang kuis Ranking 1. Setelah guru memahami tahap demi tahap permainan Rangking 1, guru mencoba memikirkan bagaimana permainan Ranking 1 yang ada di TV tersebut bisa diadopsi dalam pembelajaran di kelas. Setelah mempunyai konsep-konsep tertentu hasil modifikasi permainan Rangking 1.Gambaran singkat permainan Rangking 1 yaitu ada beberapa peserta yang siap berkompetisi menjawab berbagai pertanyaan dengan sistem gugur artinya yang kalah sudah tidak boleh mengikuti permainan dan  yang masih benar dalam menjawab pertanyaan maka bisa lanjut terus sampai dia menjadi pemenang.

Permainan yang dilakukan bisa dengan sistem gugur atau menggunakan skor poin. Dalam pelaksanaan Ranking 1 bisa di konsep kompetisi antar individu dan  kelompok misalkan 2 orang atau berpasangan. Setiap pasangan diberi satu papan tulis setelah soal diberikan atau ditayangkan pasangan siswa tersebut diberi waktu untuk berdiskusi sesaat. Setelah waktu habis misalkan 10 detik salah satu siswa harus mengangkat papan tulis kecil buatan ke atas supaya jawabannya terlihat oleh guru yang ada di depan kelas. Permainan Rangking 1 dimodifikasi dengan berkelompok supaya siswa terbiasa melaksanakan pembelajaran abad 21 yaitu siswa selalu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu daya kreatif dan kritisnya bisa terbangun sejak awal.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas