PENGGUNAAN MULTI GAME (MSD, WHO WANTS TO BE SUCCESSFUL, GAME JOEPARDY, DAN RANGKING SATU)
Oleh : Drs.Mulyono
Guru IPS SMPN 2 Bumijawa
Antusias dan motivasi belajar yang tinggi mungkin bisa diciptakan dengan mendesain pembelajaran dengan media berbasis IT. Saat ini dunia pendidikan tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi. Begitu ada temuan baru, biasanya siswa tertarik untuk menggunakannya. Jika dalam pembelajaran masih konvensional atau belum menggunakan IT maka serasa ada yang kurang dalam pembelajaran.
Melihat permasalahan yang ada, guru sekaligus penulis makalah mencoba hal baru dalam pembelajaran. Hal baru atau inovasi pembelajaran yang dimaksud adalah memodifikasi beberapa game digital untuk meningkatkan antusias belajar siswa. Game yang di modifikasi antara lain MSD (Materi Soal Digital), Who Wants To Be Successful, Game Joepardy, dan Rangking Satu.
Supaya inovasi pembelajaran tersebut dapat lebih bermanfaat maka guru menuliskan segala kegiatan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi dalam sebuah makalah dengan judul penggunaan multi game (MSD, Who Wants To Be Successful, Game Joepardy, dan Rangking Satu) Dalam Pembelajaran IPS.
Materi Soal Digital (MSD) merupakan permainan yang isinya tentang materi dan soal-soal yang dikemas secara digital sehingga tampilannya sangat menarik dan dapat membuat penggunanya merasa antusias untuk memainkannya. MSD di buat dengan menggunakan multiple template.
Multiple template adalah jenis template Power Point untuk mempresentasikan resume pelajaran dan uji kompetensi sesuai dengan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator pengembangan kompetensi (IPK) materi pelajaran tertentu. Penggunaan template ini sangat mudah, yang penting bisa melakukan copy, paste dan mempunyai kumpulan soal atau ringkasan materi pelajaran.
Wants to be successful merupakan template power point yang menyajikan permainan atau game mirip dengan acara Televisi (TV) wants to be millionaire. Templateinihanyacocokuntukmengujianak didik berkaitan dengan KI/KD tertentu tanpa didahului dengan pemberian materi seperti halnya pada multiple template.
Halaman beranda berisi beberapa informasi yang terkait dengan permainan dan ketikaslideshowdijalankan, akan terdengar musikpengiring dan anda tidak bisa berpindah ke slide berikutnyasampai musik berhenti dan halaman slide akan berubah sendiri. Pada tahap ini bisa digunakan untuk proses pengkondisian kelas agar lebih tenang dan serius mengikuti permainan.
Jeopardy merupakan jenis permainan yang mangajak peserta menjawab sejumlah soal dengan cepat dan tepat. Permainan ini lebih menarik karenamengajak para peserta untuk benar -benar berani bersaing karena permainan dilakukan secara kelompok.
Jeopardy menyediakan paling sedikit dua puluh (20) butir soal yang semua nya berupasoaluaraiandengan jawaban singkat. Soaldikelompokkan menjadi empat (4) topik dan setiap topik akan disediakan lima (5) butir soal.
Sebelum merancang permainan Ratu atau Rangking 1 Guru terlebih dahulu melihat acara televisi tentang kuis Ranking 1. Setelah guru memahami tahap demi tahap permainan Rangking 1, guru mencoba memikirkan bagaimana permainan Ranking 1 yang ada di TV tersebut bisa diadopsi dalam pembelajaran di kelas. Setelah mempunyai konsep-konsep tertentu hasil modifikasi permainan Rangking 1.Gambaran singkat permainan Rangking 1 yaitu ada beberapa peserta yang siap berkompetisi menjawab berbagai pertanyaan dengan sistem gugur artinya yang kalah sudah tidak boleh mengikuti permainan dan yang masih benar dalam menjawab pertanyaan maka bisa lanjut terus sampai dia menjadi pemenang.
Permainan yang dilakukan bisa dengan sistem gugur atau menggunakan skor poin. Dalam pelaksanaan Ranking 1 bisa di konsep kompetisi antar individu dan kelompok misalkan 2 orang atau berpasangan. Setiap pasangan diberi satu papan tulis setelah soal diberikan atau ditayangkan pasangan siswa tersebut diberi waktu untuk berdiskusi sesaat. Setelah waktu habis misalkan 10 detik salah satu siswa harus mengangkat papan tulis kecil buatan ke atas supaya jawabannya terlihat oleh guru yang ada di depan kelas. Permainan Rangking 1 dimodifikasi dengan berkelompok supaya siswa terbiasa melaksanakan pembelajaran abad 21 yaitu siswa selalu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu daya kreatif dan kritisnya bisa terbangun sejak awal.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- INI DIA 12 TIPS EFEKTIF BELAJAR DARING
- Bintek
- Tantangan dan Potensi Masa Depan
- Tantangan dan Potensi Masa Depan
- Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
Kembali ke Atas